Sabtu, 25 Agustus 2012

domain dan URL 09


Domain dan url
»DOMAIN menurut Wikipedia Nama Domain (domain name) adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai IP address. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya “wikipedia.org”. Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website.
Sederhananya domain merupakan nama unik/alamat untuk website anda, domain biasanya diakhiri dengan .com, .net, .org, .biz, .asia, .us dan lain-lain.
»Pengertian URL (Uniform Resource Locator) adalah rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokumen dan gambar di Internet. URL pertama kali diciptakan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991 agar penulis-penulis dokumen dokumen dapat mereferensikan pranala ke World Wide Web. Sejak 1994, konsep URL telah dikembangkan menjadi istilah Uniform Resource Identifier (URI) yang lebih umum sifatnya.

Memilih Nama Domain dan Struktur URL yang Baik untuk Web Marketing

Nama domain adalah bagian dari identitas dari bisnis Anda. Alamat domain yang Anda pilih bisa jadi memberikan implikasi yang signifikan bagi indentitas bisnis Anda dan juga  berpengaruh pada performa kata kunci pada mesin pencari seperti Google dan Yahoo.
Namun, bagaimana nama domain website dan struktur URL bisa memberikan dampat yang signifikan crawl-ability, jumlah kunjungan dan performa traffic? Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda ketahui:
  • Multiple Versions Domain Name
    Gunakanlah domain name dengan berbagai versi ekstensinya  dan variasinya termasuk .com, .org, .net, .biz, kesalahan ejaan, penggalan kata. Jangan lupa gunakan nama domain yang memiliki korelasi dengan nama produk, nama brand, dan beberapa kata kunci yang mungkin memiliki korelasi.
  • Pendek dan Mudah Diingat
    Usahkan nama domain untuk website utama tetap pendek dan mudah diingat sebisa mungkin. Contohnya seperti berikut:
    OK: bonekapanda.com
    BAD: menjual-boneka-panda-cantik.com
  • Domain Sesuai Kata Kunci Pilihan
    Belilah nama domain yang memiliki korelasi dengan nama produk atau service Anda yang mungkin akan diketikan begitu saja pada mesin pencari. Ingat, redirectlah nama domain tersebut ke masing-masing halaman website yang sesuai dengan produk Anda.
  • Redirect namadomain.com ke www.namadomain.com
    Lakukanlah redirection seluruh nama URL website Anda ke satu versi saja. Misalnya redirect namadomain.com ke www.namadomain.com atau sebaliknya. Pastikan Anda menggunakan tipe redirect 301 (permanent redirect)
  • Gunakan Email Sesuai dengan Nama Domain
    Jangan  menggunakan free email account untuk alamat email bisnis Anda. Lebih baik gunakan email yang sesuai dengan nama domain perusahaan Anda untuk meningkatkan kepercayaan calon pembeli.
  • Gunakanlah Favicon yang Sesuai
    Gunakanlah favicon yang sesuai dengan identitas / logo perusahaan Anda, sehingga memudahkan orang untuk mengenali dan menguatkan brand Anda
  • Redirect Nama Domain Alternatif
    Jika Anda memiliki nama domain alternatif, redirect dengan menggunakan metode 301 permanent redirection ke website utama, untuk menghindari terjadinya duplikasi kontent.
  • Gunakan Tanda Minus (-) Pada Nama File, Bukan Garis Bawah ( _ )
    Jangan gunakan garis bawah pada nama file, gunakanlah tanda minus (-) . Misalnya:
    OK: /panda-bludru.html
    BAD: /panda_bludru.html
  • Gunakan kata kunci pada nama direktori
    Gunakanlah kata kunci untuk masing-masing kata kunci pada sub direktori domain Anda. Misalnya seperti berikut:
    OK: /boneka-panda /panda-bludru.html
    BAD: /category-212/product-1123.html
  • Home Page Harus Root
    Home page website Anda seharusnya hanya bisa diakses dari root saja, bukan nama file. Jika website Anda masih bisa diakses dengan nama file, lakukanlah redirect ke root. Misalnya: www.namadomain.com/index.html redirect ke www.namadomain.com
  • Multiple Pages per Directory
    Jangan  membuat direktori hanya untuk single file. Gunakanlah beberapa file untuk satu direktori yang Anda miliki. Misalnya:
    OK: /handphone/nokia.html, /handphone/htc.html, /handphone/blackberry.html
    BAD: /handphone-nokia/handphone-nokia.html, /handphone-htc/handphone-htc.html, /handphone- blackberry/handphone-blackberry.html
  • Daftarkan Nama Domain 5+ Tahun
    Usahakan tetap melakukan pendaftaran nama domain 5-10 tahun, dari pada Anda memperpanjang domain Anda setiap tahun. Ini akan mempengaruhi tingkat kepercayaan customer Anda serta robot-robot mesin mencari yang melakukan screening untuk memberikan peringkat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar