Domain dan url
»DOMAIN menurut Wikipedia Nama
Domain (domain name) adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi
nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer
ataupun internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet
pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama
server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang
dikenal sebagai IP address. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah
kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya “wikipedia.org”. Nama domain
kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website.
Sederhananya domain
merupakan nama unik/alamat untuk website anda, domain biasanya diakhiri dengan
.com, .net, .org, .biz, .asia, .us dan lain-lain.
»Pengertian URL (Uniform Resource Locator) adalah
rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu, yang digunakan untuk
menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokumen dan gambar di Internet. URL
pertama kali diciptakan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991 agar penulis-penulis
dokumen dokumen dapat mereferensikan pranala ke World Wide Web. Sejak 1994,
konsep URL telah dikembangkan menjadi istilah Uniform Resource Identifier (URI)
yang lebih umum sifatnya.
Memilih
Nama Domain dan Struktur URL yang Baik untuk Web Marketing
Nama domain adalah bagian dari
identitas dari bisnis Anda. Alamat domain yang Anda pilih bisa jadi memberikan
implikasi yang signifikan bagi indentitas bisnis Anda dan juga
berpengaruh pada performa kata kunci pada mesin pencari seperti Google
dan Yahoo.
Namun, bagaimana nama domain website dan struktur URL bisa
memberikan dampat yang signifikan crawl-ability, jumlah kunjungan dan performa
traffic? Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda ketahui:
- Multiple Versions
Domain Name
Gunakanlah domain name dengan berbagai versi ekstensinya dan variasinya termasuk .com, .org, .net, .biz, kesalahan ejaan, penggalan kata. Jangan lupa gunakan nama domain yang memiliki korelasi dengan nama produk, nama brand, dan beberapa kata kunci yang mungkin memiliki korelasi. - Pendek dan Mudah Diingat
Usahkan nama domain untuk website utama tetap pendek dan mudah diingat sebisa mungkin. Contohnya seperti berikut:
OK: bonekapanda.com
BAD: menjual-boneka-panda-cantik.com - Domain Sesuai Kata Kunci Pilihan
Belilah nama domain yang memiliki korelasi dengan nama produk atau service Anda yang mungkin akan diketikan begitu saja pada mesin pencari. Ingat, redirectlah nama domain tersebut ke masing-masing halaman website yang sesuai dengan produk Anda. - Redirect namadomain.com ke www.namadomain.com
Lakukanlah redirection seluruh nama URL website Anda ke satu versi saja. Misalnya redirect namadomain.com ke www.namadomain.com atau sebaliknya. Pastikan Anda menggunakan tipe redirect 301 (permanent redirect) - Gunakan Email Sesuai dengan Nama Domain
Jangan menggunakan free email account untuk alamat email bisnis Anda. Lebih baik gunakan email yang sesuai dengan nama domain perusahaan Anda untuk meningkatkan kepercayaan calon pembeli. - Gunakanlah Favicon yang Sesuai
Gunakanlah favicon yang sesuai dengan identitas / logo perusahaan Anda, sehingga memudahkan orang untuk mengenali dan menguatkan brand Anda - Redirect Nama Domain Alternatif
Jika Anda memiliki nama domain alternatif, redirect dengan menggunakan metode 301 permanent redirection ke website utama, untuk menghindari terjadinya duplikasi kontent. - Gunakan Tanda Minus (-) Pada Nama File, Bukan
Garis Bawah ( _ )
Jangan gunakan garis bawah pada nama file, gunakanlah tanda minus (-) . Misalnya:
OK: /panda-bludru.html
BAD: /panda_bludru.html - Gunakan kata kunci pada nama direktori
Gunakanlah kata kunci untuk masing-masing kata kunci pada sub direktori domain Anda. Misalnya seperti berikut:
OK: /boneka-panda /panda-bludru.html
BAD: /category-212/product-1123.html - Home Page Harus Root
Home page website Anda seharusnya hanya bisa diakses dari root saja, bukan nama file. Jika website Anda masih bisa diakses dengan nama file, lakukanlah redirect ke root. Misalnya: www.namadomain.com/index.html redirect ke www.namadomain.com - Multiple Pages per Directory
Jangan membuat direktori hanya untuk single file. Gunakanlah beberapa file untuk satu direktori yang Anda miliki. Misalnya:
OK: /handphone/nokia.html, /handphone/htc.html, /handphone/blackberry.html
BAD: /handphone-nokia/handphone-nokia.html, /handphone-htc/handphone-htc.html, /handphone- blackberry/handphone-blackberry.html - Daftarkan Nama Domain 5+ Tahun
Usahakan tetap melakukan pendaftaran nama domain 5-10 tahun, dari pada Anda memperpanjang domain Anda setiap tahun. Ini akan mempengaruhi tingkat kepercayaan customer Anda serta robot-robot mesin mencari yang melakukan screening untuk memberikan peringkat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar